Gambar diagram batang berat badan

Nyatakan data di atas dalam bentuk diagram batang. Banyaknya siswa pada kelas II adalah Ogive naik dan ogive turun Daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari dapat disajikan dalam bidang Cartesius.

Sebelumynya, untuk mempermudah prosesnya, kita buat data di atas ke dalam tabel distribusi frekuensi seperti terlihat pada tabel di bawah. Sumbu mendatar biasanya menyatakan jenis data, misalnya waktu dan berat.

Gambarlah ogive naik dan ogive turun. Dari tabel tersebut tampak bahwa frekuensi paling banyak dalam interval 46— Banyaknya korban kecelakaan lalu lintas, menurut jenis korban dan waktu di Jawa Tengah tahun s.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat diagram garis adalah sebagai berikut. Hasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi bergolong seperti di bawah ini.

Diagram garis seperti di atas disebut diagram garis tunggal single line chart. Nyatakan data di atas dalam bentuk diagram lingkaran! Jika pada diagram batang, gambar batang-batangnya terpisah maka pada histogram gambar batang-batangnya berimpit. Penyajian data dalam bentuk diagram garis: Menentukan banyak kelas interval dengan aturan Sturges dimaksudkan agar interval tidak terlalu besar sebab hasilnya akan menyimpang dari keadaan sesungguhnya.

Diagram batang adalah bentuk penyajian data statistik dalam bentuk batang yang dicatat dalam interval tertentu pada bidang cartesius.

Statistika

Lebar kelas Untuk mencari lebar kelas dapat dipakai rumus: Histogram Dari suatu data yang diperoleh dapat disusun dalam tabel distribusi frekuensi dan disajikan dalam bentuk diagram yang disebut histogram.

Batas bawah kelas pertama diambil datum terkecil. Juga bisa dipengaruhi asupan gizi dan kesehatan Ibu saat Ibu hamil. Poligon Frekuensi Berdasarkan contoh di atas dapat dibuat poligon frekuensinya seperti gambar berikut ini.

Penyajian Data: Diagram Lingkaran, Batang, Garis

Data kuantitatif, yaitu data yang berupa bilangan. Diagram Garis Jika terdapat suatu rentetan peristiwa yang mengalami perubahan yang terus-menerus atau tanpa terputus kontinumisalnya berat badan bayi yang selalu berubah sepanjang waktu, maka pada periode tertentu data seperti itu dapat disajikan dengan diagram garis.

Contoh diagram lambang: Penyelesaian Histogram dan poligon frekuensi dari tabel di atas dapat ditunjukkan sebagai berikut. Panjang interval kelas dibulatkan menjadi "10". Menyajikan data dalam bentuk diagram Diagram Garis Penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus disebut diagram garis lurus atau diagram garis.

Dari tabel distribusi frekuensi berikut, Sajikan dalam bentuk histogram.Ada beberapa macam diagram untuk menyajikan data, antara lain: diagram batang (bar chart), diagram garis (line chart), diagram lingkaran (pie chart), diagram gambar (piktogram), histogram, dan poligon frekuensi. Berikut ini akan dijelaskan berbagai macam penyajian data dengan diagram tersebut.

Jika pada diagram batang, gambar batang-batangnya terpisah maka pada histogram gambar batang-batangnya berimpit. Histogram dapat disajikan dari distribusi frekuensi tunggal maupun distribusi frekuensi bergolong. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut nathalie-masson.com: Fatia.

· Jika pada diagram batang, gambar batang-batangnya terpisah maka pada histogram gambar batang-batangnya berimpit. Histogram dapat disajikan dari distribusi frekuensi tunggal maupun distribusi frekuensi bergolong. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini. Data tersebut dapat disajikan dengan diagram batang sebagai berikut.

Histogram. Contoh Soal. Data banyaknya siswa kelas 9 yang tidak masuk sekolah dalam 8 hari berurutan sebagai berikut. Poligon Frekuensi. Berdasarkan contoh di atas dapat dibuat poligon frekuensinya seperti gambar berikut ini. Contoh Soal Hasil pengukuran berat badan terhadap siswa SMP X digambarkan dalam distribusi.

Misalkan, dari gambar grafik soal 2. dapat diperkirakan berat badan bayi pada usia 10 bulan. Jika garis lurus sudah ditentukan, Anda dapat menentukan interpolasi data. Untuk ekstrapolasi data, Anda harus berhati-hati.

Menurut diagram garis, berapa kira-kira berat badan bayi pada usia 10. Misalnya, jumlah penduduk setiap tahun, perkembangan berat badan bayi setiap bulan, dan suhu badan pasien setiap jam. Seperti halnya diagram batang, diagram garis pun memerlukan sistem sumbu datar (horizontal) dan sumbu tegak (vertikal) yang saling berpotongan tegak nathalie-masson.com: Heskielomboan

Gambar diagram batang berat badan
Rated 4/5 based on 31 review