Tujuan diet pada dm tipe 2

Saat ini banyak dipasarkan alat pengukur kadar glukosa darah cara reagen kering yang umumnya sederhana dan tujuan diet pada dm tipe 2 dipakai. Diabetes melitus tipe 2 adalah penyakit yang disebabkan oleh resistensi insulin dan sekresi insulin cacat. Tandra Hans, g. Mempertahankan BB optimal atau ideal h.

Resistensi insulin pada diabetes tipe II disertai dengan penurunan reaksi intrasel ini. Pasien dapat mengalami peningkatan selera makan polifagia akibat menurunnya simpanan kalori.

Pelaksanaan terapi pada pasien Diabetes Melitus DM ada empat pilar yang perlu diperhatikan, yaitu: Walau belum dapat dipastikan penyebab utama resistensi insulin, terdapat beberapa faktor-faktor yang memiliki berperan penting terjadinya hal tersebut yaitu obesitas, terutama yang besifat sentral bentuk tubuh apeldiet tinggi lemak dan rendah karbohidrat, kurang gerak badan olahragadan juga faktor keturunan herediter.

Penyandang DM akan ditemukan dengan berbagai gejala seperti poliuria banyak berkemihpolidipsia banyak minum dan polifagia banyak makan dengan penurunan berat badan. Penglihatan kabur mungkin akibat perubahan dalam lensa atau akibat retinopati.

Diabetes Melitus biasanya disebut dengan the silence killer karena penyakit ini dapat mengenai semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan. Pada DM tipe I mengalami ketoasidosis diabeteskeadaan disregulasi metabolik yang ditandai dengan napas bau aseton, pernapasan cepat dan dalam kussmaulmualmuntah dan nyeri perut, kelelahan.

Antara lain: Berkurangnya aliran darah ke kulit juga bisa menyebabkan ulkus borok dan semua penyembuhan luka berjalan lambat. Hubungan yang erat antara berbagai jenis sel dipulau langerhans menyebabkan timbulnya pengaturan secara langsung sekresi beberapa jenis hormone lainnya, contohnya insulin menghambat sekresi glukagon, somatostatin menghambat sekresi glukagon dan insulin.

Ilmu gizi mempelajari proses tersebut. Misalnya, fruktosa, gula alkohol, aspartam dan sakarin.

Pelepasan insulin dari sel beta pankreas sangat tergantung pada transpor glukosa melewati membran sel dan interaksinya dengan sensor glukosa yang akan menghambat peningkatan glukokinase.

Untuk mengetahui pengertian Caring 3. Terapi insulin diupayakan mampu meniru pola sekresi insulin yang fisiologis. Tanyakan kepada dokter anda tentang kemungkinan mengganti obat.

Biasanya, seseorang yang menderita diabetes mellitus mempunyai anggota keluarga yang juga terkena penyakit tersebut. Infeksi Pada kasus diabtes tipe 1 yang terjadi pada anak, sering kali didahului dengan infeksi flu atau batuk pilek yang berulang-ulang.

Tanda Diabetes Melitus Sumber: Hasil pemeriksaan kadar glukosa darah memakai alat-alat tersebut dapat dipercaya sejauh kalibrasi dilakukan dengan baik dan cara pemeriksaan dilakukan sesuai dengan cara standar yang dianjurkan.

Hiperglikemia dapat tidak terdeteksi karena penyakit DM tidak menimbulkan gejala asimptomatik dan menyebabkan kerusakan vascular sebelum penyakit ini terdeteksi. Dalam keadaan dekompensasi metabolik berat, misalnya ketoasidosis, stres berat, berat badan yang menurun dengan cepat, adanya ketonuria, insulin dapat segera diberikan.

Etiologi Diabetes melitus tipe 1 disebabkan oleh terutama terjadinya kekurangan hormon insulin pada proses penyerapan makanan.

Pada jaringan otot, ada cacat dalam fungsi reseptor, jalur reseptor insulin-sinyal transduksi, transportasi dan fosforilasi glukosa, sintesis glikogen, dan oksidasi glukosa yang berkontribusi pada resistensi insulin. Apabila kadar glukosa darah belum mencapai sasaran, dilakukan intervensi farmakologis dengan obat hipoglikemik oral OHO dan atau suntikan insulin.

Sebagai akibat dari kehilangan cairan yang berlebihan, pasien akan mengalami peningkatan dalam berkemih poliuria dan rasa haus polidipsia. Glukosa darah dibakar menjadi enegi. Pada keadaan normal, insulin dan gukosa akan menghambat pemecahan glikogen dan menurunkan glukosa produk hati. Insulin adalah suatu zat yang dikeluarkan oleh sel beta di Pankreas.

Dengan pendekatan terapi tersebut pada umumnya dapat diperoleh kendali glukosa darah yang baik dengan dosis insulin yang cukup kecil. Pada diabetes, kemampuan tubuh untuk bereaksi terhadap insulin dapat menurun, atau pankreas dapat menghentikan sama sekali produksi insulin.

Peningkatan produksi glukosa hati juga berkaitan dengan meningkatnya glukoneogenesis lihat gambar akibat peningkatan asam lemak bebas dan hormon anti insulin seperti glukagon. Efek samping yang lain berupa reaksi imunologi terhadap insulin yang dapat menimbulkan alergi insulin atau resistensi insulin.Namun, belakangan ini, dengan makin banyknya anak yang mengalami obesitas, angka kejadian diabetes tipe 2 pada anak dan remaja pun meningkat.

(Tandra Hans, ) (Tandra Hans, ) Risiko diabtes meningkat sejalan bertambahnya usia, terutama setelah usia 40 tahun, karena jumlah sel-sel beta didalam pancreas memproduksi insulin menurun seiring bertambahnya umur. Diabetes Mellitus (DM) tipe 2 merupakan diabetes dengan onset usia dewasa.

Saat ini, karena kecenderungan gaya hidup yang semakin tidak sehat, sehingga epidemi obesitas dan inaktivitas pada usia kanak-kanak, maka DM tipe 2 sudah memiliki kecenderungan terjadi pada usia lebih muda.

Kepatuhan diet merupakan masalah besar yang terjadi pada penderita DM tipe 2 saat ini.

Prinsip pengaturan pola makan didasarkan pada status gizi pasien diabetes dan melakukan modifikasi diet dengan memperhatikan gaya hidup serta pola kebiasaan makan.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi diabetes terhadap kepatuhan pengaturan diet pada pasien Diabetes Melitus tipe 2. · Karena itu, tujuan utama terapi diet pada DM Tipe 2 adalah menurunkan dan atau mengendalikan berat badan di samping mengendalikan kadar gula dan kolesterol seperti disebutkan di atas.

Semua ini harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan mencegah atau paling tidak menunda terjadinya komplikasi akut maupun kronis. Penurunan berat badan pada pasien-pasien DM Tipe 2. · Jika pada diabetes melitus 1 penyebab utamanya adalah dari malfungsi kalenjar pankreas, pada diabetes melitus tipe 2, gangguan utama justru terjadi pada volume reseptor (penerima) hormon insulin, yakni sel-sel darah.

Type 2 Diabetes Diet Plan Perlu dilakukan pengelolaan yang baik bagi para penderita DM yang terdiri dari 4 pilar penatalaksanaan diabetes mellitus yakni edukasi, terapi gizi medis, latihan jasmani dan intervensi farmakologis.

Diabetes melitus tipe 2
Tujuan diet pada dm tipe 2
Rated 0/5 based on 40 review